Thursday, February 10, 2011

3 Mitos Yang Keliru Tentang Makanan

Ada beberapa mitos mengenai makanan yang diragukan kebenarannya. Agar tidak membuat Anda bingung, simak tiga mitos yang keliru dan fakta di baliknya.

Anggapan yang mengatakan bahwa mengonsumsi banyak lemak tidak jenuh, tidak memiliki pengaruh buruk terhadap tubuh ternyata tidak benar. Seperti yang dikutip dari Health, berikut beberapa mitos lain yang salah dan cara memilih makanan yang lebih sehat.

1. Anda bisa mengonsumsi lemak sehat sebanyak yang Anda suka.

Fakta: Walau minyak zaitun yang mengandung lemak tak jenuh lebih baik untuk jantung daripada mentega, ternyata minyak zaitun dan mentega memiliki kalori yang sama. Keduanya mengandung 100 hingga 120 kalori per sendok makan.

Menurut Samantha Heller, RD, penulis buku 'Get Smart: Samantha Heller’s Nutrition Prescription for Boosting Brain Power and Optimizing Total Body Health', semua lemak sehat mengandung jumlah kalori yang sama dengan lemak jenuh. Oleh karena itu, daripada Anda menggunakan sendok teh untuk menuang minyak zaitun, lebih baik gunakan spray karena dapat mengurangi jumlah konsumsi.

2. Makanan segar lebih baik daripada makanan beku.

Fakta: Makanan beku justru memiliki nutrisi yang sama dengan makanan segar. Menurut Heller, sayuran yang langsung dibekukan setelah dipetik dapat mempertahankan kandungan nutrisi lebih lama dibandingkan sayuran yang segar.

3. Roti gandum hitam (dark bread) selalu lebih baik dari roti biasa.

Fakta: Menurut professor Michael Oakes, PhD dari University of Scranton psychology, roti gandum hitam tidak lebih baik dari roti putih biasa. Lebih baik beli roti dengan label '100 percent whole wheat', berarti roti tersebut dibuat dari gandum yang tidak dimurnikan dan memiliki lebih dari dua kali lipat serat serta memiliki kadar selenium, kalium, dan magnesium yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment