Monday, January 17, 2011

Cegah Selulit Dengan Makanan Tepat

Selulit seringkali menjadi masalah kulit yang menjengkelkan untuk wanita. Tapi tahukah Anda kalau selulit bisa dicegah dengan pola makan tepat.

Menurut Christine Gerbstadt, MD, juru bicara untuk American Dietetic Association, selulit bisa dihindari dengan menjaga kelembaban kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Diet ringan juga baik dilakukan untuk mencegah bertumpuknya lemak di bawah kulit.

Seperti apa pola konsumsi yang baik untuk mengurangi risiko selulit? Simak langkah-langkah berikut:

Banyak Minum
Minum 8-9 gelas sehari membuat kulit tetap lembab. Selain melembabkan kulit, banyak minum air putih juga baik untuk mengusir lemak-lemak nakal di bawah kulit.

Selain lewat minuman, kadar air juga bisa diperoleh dari makanan yang mengandung air. Buah-buahan seperti apel, anggur, dan mentimun layak untuk sering dikonsumsi.

Vitamin C
Makan sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C bermanfaat untuk mencegah kerusakan kolagen. Kolagen merupakan zat yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit sehingga bisa terhindar dari selulit. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C antara lain, tomat, sawi, paprika, jambu merah,  buah kiwi, jeruk sunkist, anggur, strawberry dll. Tubuh membutuhkan vitamin C setidaknya 75 miligram perhari.

Batasi Karbohidrat
Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi putih, roti dan sereal manis. Karbohidrat secara cepat dikonversi menjadi gula darah yang menaikaan tingkat insulin. Insulin menyimpan lemak yang dapat menimbulkan selulit. Untuk alternatif karbohidrat yang tidak terlalu banyak mengandung lemak anda bisa mengganti roti putih dengan roti gandum.

No comments:

Post a Comment